logo
    • 01 FEB 16
    • 0
    Mengurangi Stres dengan 7 Teknik Relaksasi

    Mengurangi Stres dengan 7 Teknik Relaksasi

    Stress bisa datang kapan saja, bisa melanda semua usia baik muda ataupun tua. Stress tentu akan berakibat pada kualitas kesehatan yang menurun bahkan memburuk. Kesehatan secara mental maupun fisik akan mengalami gangguan akibat stres yang berlebihan. Maka dari itu harus melakukan relaksasi untuk mengurangi stress agar keseimbangan pikiran tetap terjaga. Serta melakukan pola hidup sehat untuk mencegah stres.

    Berikut ini 7 teknik relaksasi yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stress yang melanda pikiran.

    1. Melakukan meditasi

    Ketika mengalami stres, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi di sini tidak selalu dengan duduk bersila dan memejamkan mata atau mungkin sambil mengucapkan mantra. Meditasi yang dapat Anda lakukan adalah berjalan, menyulam, melukis atau hal lain yang dapat menenangkan pikiran Anda. Lakukan aktivitas meditasi tersebut dalam waktu 5 hingga 10 menit. Dengan demikian maka akan menurunkan tingkat stres dan kesehatan Anda pun tidak terganggu.

    2. Membayangkan sesuatu yang “rileks”

    Saat Anda dalam keadaan stres maka pikiran akan bekerja lebih aktif dan kompleks. Jika dalam keadaan stres demikian membuat Anda tidak mampu melakukan meditasi maka cukup lakukan dengan mencoba menciptakan bayangan yang indah dalam pikiran seperti membayangkan pantai, pegunungan, atau tempat-tempat lain yang dapat mengalihkan pikiran dari keadaan sekarang. Teknik relaksasi ini akan membantu kesehatan mental Anda.

    3. Mengambil napas dalam-dalam

    Ketika mengalami stres maka yang terjadi adalah dampak buruk kesehatan seperti tensi Anda akan naik dan mengalami pernapasan yang pendek. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda harus lakukan untuk mengambil napas dalam-dalam secara berulang sebanyak sepuluh kali.

    4. Meminum teh hangat

    Teh hangat merupakan minuman tradisi yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Meminum teh hangat akan membuat pikiran tenang dan menurunkan stres. Selain memberi dampak kesehatan bagi tubuh, teh juga mampu menurunkan tingkat hormon kortisol dalam tubuh.

    5. Memijat diri sendiri

    Teknik relaksasi dengan memijat diri sendiri ini dapat Anda lakukan dengan cara meletakkan tangan pada leher dan bahu kemudian lakukan pemijatan perlahan hingga otot tidak lagi terasa kaku dan tegang. Kemudian lanjutkan dengan memijat perlahan bagian siku hingga jari-jari tangan. Teknik ini merupakan salah satu pola hidup sehat yang dapat dilakukan saat mengalami stres.

    6. Berhenti sejenak dari aktivitas

    Saat tekanan atau emosi Anda memuncak maka sebaiknya hentikan sejenak semua aktivitas. Carilah tempat yang nyaman untuk duduk atau berbaring serta terapkan teknik relaksasi bernapas dan lepaskan semua permasalahan yang membebani Anda.

    7. Mendengarkan musik

    Pola hidup sehat yang dapat Anda terapkan berikutnya adalah dengan membiasakan diri untuk mendengarkan musik dengan alunan atau tempo ringan. Sebab musik memiliki peran baik dalam kesehatan. Peranan tersebut tampak pada kemampuan alunan musik yang ringan akan dapat membuat detak jantung menjadi normal dan mampu merilekskan pikiran Anda. Efek tenang yang diberikan oleh musik setara dengan 10 mg valium.

    Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi stress yang terjadi. Lakukan beberapa hal tersebut untuk menjadikan tubuh anda rileks.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream